BTN Pertahankan Bunga KPR Murah

Ronaindonesia.com – Kebijakan bunga kredit murah tetap di pertahankan oleh Bank Tabungan Negara (BTN). Bank yang fokus ke kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) ini, memastikan tidak akan menaikkan suku bunga kreditnya dalam waktu dekat.

“BTN belum akan menaikkan suku bunga kredit khusus KPR dan KPA,” ujar Direktur Utama BTN Maryono, di Menara BTN, Selasa, (23/7) seperti yang dilansir oleh kontan online.

Lebih lanjut menurut mantan Direktur Utama Bank Mutiara ini, dalam strategi bisnisnya BTN tetap akan menaikkan suku bunga kredit. Terutama untuk kredit non perumahan seperti kredit komersial, mikro, kecil, konsumer, hingga Kredit Tanpa Agunan (KTA).

“Kenaikan suku bunga tersebut akan berlaku per bulan Agustus. Tingkat kenaikannya berkisar antara 0,5 sampai 1%,” jelas bankir senior ini. Kebijakan kenaikan suku bunga kredit oleh bank merupakan dampak dari kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sebesar 75 basis poin beberapa waktu lalu.

Pada semester pertama ini, penyaluran kredit BTN mencapai Rp 91,4 triliun. Angka tersebut bertumbuh 26,78% dari Rp 72 triliun di periode yang sama tahun lalu.

Dari jumlah kredit yang BTN salurkan, kredit perumahan masih memegang porsi terbesar yakni 86,12%, dengan jumlah Rp 78,72 triliun. Sedangkan, sisanya 13,88% atau senilai Rp 12,68 triliun disalurkan untuk pembiayaan non perumahan.

Kontan I Pernando

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>